Implementasi Pendidikan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menggososk Gigi Siswa Sekolah Dasar Negeri 07 Dongkala Kecamatan Kabaena Timur Kabupaten Bombana
Abstract
Anak sekolah dasar tidak lepas dari masa bermain sehingga menyebabkan berbagai persoalan terkait personal hygiene yang terabaikan, dampak psikologis yang terjadi akibat kurang baiknya personal hygiene berupa penurunan konsentrasi anak dalam belajar dan malas mengerjakan tugas sekolah maupun tugas dirumah, hasil survei awal diketahui sekitar 8-10 ketidakhadiran anak disebabkan masalah kesehatan masalah kesehatan gigi dan mulut seperti sakit gigi dan pembengkakan gusi. Tujuan penelitian memberikan gambaran Implementasi Pendidikan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menggososk Gigi Siswa Sekolah Dasar Negeri 07 Dongkala Kecamatan Kabaena Timur Kabupaten Bombana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 18 - 20 Agustus 2021 didapatkan data hasil observasi pra-intervensi diketahui semua subjek memperoleh skor 6 artinya masih ada beberapa komponen cara menggosok gigi yang belum mampu dilakukan, selanjutnya terjadi peningkatan kemampuan menggosok gigi setelah diberikan dua kali pendidikan kesehatan yang disertai demonstrasi menggososk gigi yang diperagakan oleh peneliti, selanjutnya hasil evaluasi akhir pada post-intervensi diketahui semua subjek mampu melakukan tindakan menggosok gigi 8 langkah dengan benar dan teratur. Kesimpulan penelitian bahwa pendidikan kesehatan dapat meningkatkan kemampuan menggososk gigi siswa SD Negeri 07 Dongkala Kecamatan Kabaena Timur Kabupaten Bombana. Kepada masyarakat agar menjadikan tindakan menggosok gigi sebagai perilaku yang wajib diterapkan setiap hari dalam rangka meningkatkan status kesehatan anak dan mencegah anak dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan kebersihan gigi dan mulut.
References
Anitasari, B. 2020. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Kesehatan Gigi Terhadap Pengetahuan dan sikap Perawatan Gigi Pada Anak Usia Sekolah di SDN 120 Gontang Kab. Luwu Utara. Jurnal Lontara Kesehatan, 1(1), 47-56.
Departemen Kesehatan RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik. Indonesia Nomor 5. Jakarta: Depkes RI
Departemen Kesehatan RI. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36. Tahun 2009 tentang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja. Rosdakarya
Donsu, Jenita DT. 2017. Psikologi Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru
Gunarsa, Yulia Singgih D. & Singgih D Gunarsa. 2012. Psikologi untuk Keluarga Jakarta: Penerbit Libri
Haswita, dan Reni Sulistyowati. 2017. Kebutuhan Dasar Manusia untuk. Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan. Jakarta: CV. Trans Media
Honggowiyono, P. 2015. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik untuk Guru dan Calon Guru. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].
Hurlock, E. Psikologi Perkembangan. 5th ed. Sijabat RM. Editors. Jakarta: Erlangga. 2015. 106-180p.
Islamudin, R. A., Suwandono, A., Saraswati, L. D., & Martini, M. 2017. Gambaran Perilaku Personal Hygiene yang Berhubungan dengan Infeksi Soil Trasmitted Helminth pada Anak Sekolah Dasar Studi Kasus di Desa Candi Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat e-Journal, 51, 212-217.
Kemdikbud RI. 2021. Statistik Pendidikan Sekolah dasar. Pusat Data dan Teknologi Informasi http://statistik.data.kemdikbud.go.id/ (diakses Juni 2021)
Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI
Kemenkes, RI. 2017. Pedoman dan Standar Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan nasional.
Kurniasih, N. F., & Ikhsan, F. K. 2019. Masalah Sosial Anak Usia Dasar. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 181, 111-136.
Lahaghari, S., Walembuntu, M., & Hinonaung, J. S. H. 2018. Gambaran Pengetahuan Siswa Tentang Personal Hygiene Di Sd Gmist Zaitun Lapepahe Kecamatan Manganitu Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Ilmiah Sesebanua, 21, 28-30.
Muthia, C. 2018. Perbedaan Total Bakteri Sebelum dan Sesudah Gosok Gigi Menggunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Ekstrak Siwak (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).
Mubarak, I. Indrawati L, Susanto J. 2015. Buku 1 Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta: Salemba Medika
Notoadmodjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Puspita, D., Messakh, S. T., & Nuarika, C. 2017. Gambaran Personal Hygiene Anak Usia Sekolah Dasar yang Tinggal di Sekitar TPA Ngronggo Salatiga. Berita Kedokteran Masyarakat, 335.
Rahmat, A., Smith, M. B., & Rahim, M. 2015. Perilaku hidup sehat dan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22, 113-122.
Rose, Colin & Malcolm J. Nicholl. 2012. Cara Belajar cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa
Sari, E. K., Ulfiana, E., & Rachmawati, P. D. (2012). Pengaruh pendidikan kesehatan gosok gigi dengan metode permainan simulasi ular tangga terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan aplikasi tindakan gosok gigi anak usia sekolah di SD wilayah Paron Ngawi. Indonesian Journal of Community Health Nursing, 1(1).
Setiawati, 2012. Proses Pembelajaran dalam Pendidikan Kesehatan. Jakarta Timur: Trans Info Media
Silalahi, V., & Putri, R. M. 2018. Personal hygiene pada anak SD Negeri Merjosari 3. JAPI Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 22, 15-23.
Silalahi. 2017. Keterkaitan Karakteristik Keluarga Dengan Personal Hygiene Anak Sekolah Dasar. Jurnal Care Vol.5 No.3.
Simamora, A. 2019. Faktor Yang Berhubungan Dengan Personal Hygiene Pada Anak Sekolah Dasar Di Desa Tualang Kabupaten Dairi Tahun 2019 Doctoral dissertation, Institut Kesehatan Helvetia.
STIKES Karya Kesehatan. 2021. Pedoman Penulisan Skripsi dan Karya Ilmiah. Kendari: LPPM STIKES Karya Kesehatan
Sudarmawan. 2013. Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Pemilihan Jajanan Dengan Perilaku Anak Memilih Jajanan Di SDN Sambikerep II/480 Surabaya, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Supariasa, I. D. N. 2013. Penilaian Status Gizi. edited by Monica Ester. Jakarta: EGC.
Susilo, R. 2011. Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Yogyakarta: Nuha. Medika
Sutisnawati, A. 2015. Pengaruh Pelatihan Materi Sains Berbasis Ict Information And Communication Technologies Scientific Literacy Dan ICT Literacy Guru Sekolah Dasar. pedagogik-pendas, 474.
Syahwal, M. (2020). Implementasi Health Education Meningkatkan Kesiapan Keluarga Merawat Pasien Stroke. Jurnal Keperawatan, 3(03), 23 - 25. Retrieved from https://stikesks-kendari.e-journal.id/JK/article/view/255
Wong. D.L. 2015. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Edisi 2. Jakarta. EGC
							
							




